Senin, 06 Februari 2012

Materi TIK Dasar

Struktur & Fungsi Tombol Keyboard



Berikut ini akan disampaikan berapa cara penggunaan keyboard terutama bagi anda yang baru belajar komputer tak lupa juga bagi anak-anak SD negeri 3 Makam terutama anak kelas 5,6 posting ini mungkin dapat sedikit berguna untuk ilmuu kaliann dan diharapkan nantinya kalian dapat dengan lancar mengoprasikan komputer dengan baik.

Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:


 1. Tombol Ketik (typing keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
 
2. Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.

3. Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.

4. Tombol kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).
 
 






dari keterangan gambar disamping dapat diketahui bahwa tombol tombol di keyboard sangat lah memilki fungsii yang banyakk....

Tombol ALT berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti F4 misalnya yang berguna untuk ShutDown atau menutup Windows Program yang sedang aktif.
Tombol CTRL akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti tombol C atau disebut juga CTRL-C akan berguna untuk menyalin saatu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard, yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan menggunakan CTRL-V.
Tombol F1 – F12 adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi. Misal, F1 biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan
Tombol ESC (Escape) adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL, yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.
Tombol Enter adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses pemasukan text.
Pada Window dialog, menekan tombol TAB berarti pindah ke field atau daerah isian atau pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti lompat ke penghentian TAB (tab-stop) terdekat.
Tombol Arah berfungsi menggerakan penunjuk karakter (kursor) sesuai arah anak panah bersangkutan.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Backspace akan mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kiri kursor terhapus.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Delete akan mengakibatkan karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Home akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal baris dimana kursor berada.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol End akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor berada.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Up akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar dari kursor berada.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Down akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada.


Ctr A: All. Memblok seluruh isi halaman di dalam file yang sedang dibuka. Biasanya setelah menekan Ctr A, dan semua isi halaman sudah terblok, orang akan menghapusnya atau ingin meng-copy-kannya ke file lain.

Ctr B: Bold. Menebalkan huruf, angka, karakter, kata, atau kalimat (selanjutnya disingkat dengan hakkk). Blok terlebih dahulu hakkk yang ingin ditebalkan lalu tekan Ctr B secara bersamaan. Untuk mengembalikan agar hakkk yang sudah bercetak tebal kembali seperti biasa (regular), blok kembali
dan tekan Ctr B. (Lihat pula Ctr I, Ctr U).

Ctr C: Copy. Menggandakan hakkk. Blok terlebih dahulu hakkk yang ingin ditebalkan lalu tekan Ctr C secara bersamaan. (Lihat pula Ctr V).

Ctr D : Memilih jenis font. Blok terlebih dahulu hakkk yang ingin dirubah jenis font-nya, lalu tekan Ctr D secara bersamaan. Lalu gerakkan tombol tanda "panah ke bawah" (↓) di keyboard untuk memilih jenis font yang diinginkan. Jika ingin merubah hal lainnya, tekan tombol "Tab" di keyboard untuk memilih 2
font style (regular, italic, bold,atau italic). Tekan lagi tombol "Tab" untuk memilih ukuran huruf (size). (Lihat pula Ctrl Shift F)

Ctr E: Equal. Membuat rata tengah hakkk. Letakkan kursor pada hakkk (letak kursor bebas, di awal, di tengah, atau di akhir). Tekan Ctr E secara bersamaan. (lihat pula Ctr J, Ctr R, Ctr L)

Ctr F : Find. Menemukan suatu hakkk di halaman langsung yang sedang dibuka. Tekan Ctr F, lalu ketikkan hakkk dan tekan Enter sebanyak yang Anda inginkan.

Ctr G: Go to. Menuju ke suatu page, section, dll. Misalnya anda ingin menuju ke halaman 3 di file yang sedang terbuka, maka tekan Ctr G, lalu ketikkan nomor halaman yang hendak dituju.

Ctr H : Replace. Mengganti suatu hakkk dengan hakkk lain. Misalnya Anda ingin mengganti seluruh kata and menjadi dan pada seluruh halaman di file yang sedang dibuka, maka tekan Ctr H, ketikkan kata and pada kolom Find, dan ketikkan kata dan pada kolom Replace with, lalu tekan tombol Alt A.

Ctr I : Italic.Cetak miring. Membuat hakkk menjadi miring. Blok terlebih dahulu hakkk yang ingin dimiringkan, lalu tekan Ctr I secara bersamaan. Untuk mengembalikan agar hakkk yang sudah miring kembali seperti biasa (regular), blok kembali dan tekan Ctr I. (Lihat pula Ctr B, Ctr U).

Ctr J: Justify. Membuat rata kiri kanan. Membuat agar hakkk rata di kiri dan kanan paragraf. Letakkan kursor pada hakkk (letak kursor bebas, di awal, di tengah, atau di akhir). Tekan Ctr J secara bersamaan. (lihat pula Ctr E, Ctr R, Ctr L)

Ctr L: Left. Membuat rata kiri. Membuat agar hakkk rata di kiri paragraf. Letakkan kursor pada hakkk (letak kursor bebas, di awal, di tengah, atau di akhir). Tekan Ctr L secara bersamaan. (lihat pula Ctr E, Ctr R, Ctr J)

Ctr M: Increase Indent. Memindahkan first line, hanging, dan left indent, agar paragraph menjorok ke dalam baik baris pertama maupun baris selanjutnya pada paragraph yang sama.

Ctr N: New. Membuat halaman baru. Jika ingin membuat halaman baru, maka tekan Ctr N.

Ctr O: Open. Membuka suatu file. Pada saat sedang bekerja di Word, mungkin kita perlu membuka beberapa file sekaligus.

Ctr P: Print. Mencetak halaman. Tekan Ctr P, lalu tekan Alt A untuk mencetak seluruh halaman yang sedang terbuka, Alt E untuk halaman langsung yang terlihat, atau Alt G untuk memilih halaman-halaman tertentu saja. Tekan Alt C untuk menentukan berapa rangkap akan dicetak (default-nya 1 rangkap saja), lalu tekan Enter.

Ctr Q: Left. Sama fungsinya dengan Ctr L yakni membuat rata kiri.

Ctr R: Right. Membuat rata kanan. Membuat agar hakkk rata di kanan paragraf. Letakkan kursor pada hakkk (letak kursor bebas, di awal, di tengah, atau di akhir). Tekan Ctr R secara bersamaan. (lihat pula Ctr E, Ctr L, Ctr J)

Ctr S: Save. Menyimpan file. Jika file belum disimpan maka ketika Anda menekan Ctr S, fungsinya sama dengan Save as, tetapi apabila file telah pernah disimpan, maka fungsinya sama dengan Save. Tekan tombol Ctr S, ketikkan nama file, dan pilih lokasi penyimpanan (save in) yang dikehendaki, misalnya di Mydocument, atau di folder lainnya.

Ctr T: Hanging Indent. Menggeser baris kedua suatu paragraph menjadi menjorok ke dalam. Letakkan kursor pada baris manapun di paragrap yang ingin digeser, lalu tekan Ctr T. Jika ingin mengembalikan paragrap ke baris awal paragrap, tekan Ctr Shift T.

Ctr U: Underline. Garis bawah. Membuat agar suatu hakkk agar menjadi bergaris bawah (contohnya U ). Blok terlebih dahulu hakkk yang ingin diberi garis bawah, lalu tekan Ctr Usecara bersamaan. Untuk mengembalikan agar hakkk yang sudah miring kembali seperti biasa (regular), blok kembali hakkk dan tekan Ctr U. (Lihat pula Ctr B, Ctr I).

Ctr V : Paste. Menempatkan hakkk yang telah dicopy ke posisi lain di halaman Anda. Setelah hakkk dicopy (Ctr C), tekan Ctr V pada bagian halaman manapun yang hendak paste-kan. (LIhat pula Ctr C)

Ctr W : Exit file. Menutup/keluar halaman file. Simpan terlebih dahulu file Anda dengan Ctr S, lalu tekan Ctr W untuk keluar dari file Anda.

Ctr X: Cut. Menghapus suatu hakkk. Blok terlebih dahulu hakkk yang ingin dihapus, lalu tekan Ctr X. Jika anda menginginkan agar hakkk yang dihapus tersebut di-paste-kan, tekan Ctr V pada bagian halaman yang ingin Anda tempatkan.

Ctr Y : Redo. Mengulangi. Misalkan Anda ingin mengulangi hakkk yang baru saja Anda ketik pada saat sebelumnya, maka bisa menggunakan cara ini. Misalnya Anda baru saja mengetik kata Bapak dan ingin mengulangnya lagi, maka tekan Ctr Y. Fungsi ini juga merupakan kebalikan fungsi Ctr Z (undo), misalnya Anda baru saja mengetik kata Ibu, lalu Anda membatalkannya dengan Ctr Z, tetapi Anda ingin agar kata tersebut ditampilkan kembali, maka tekan juga Ctr Y.

Ctr Z: Undo. Membatalkan hakkk yang baru saja Anda ketik. Misalnya Anda mengetik kata anak, lalu anda ingin membatalkan/menghapusnya, maka tekan Ctr Z

Tidak ada komentar: